Page 7 - E-paper 17 Desember 2017
P. 7

www.joglosemar.co                                                                                                                                                               7
         MINGGU, 17 DESEMBER 2017


                                                                                                                                                Halaman ini kerja sama Joglosemar dengan Sahabat Kapas. Saha-
                                                                                                                                                bat Kapas adalah LSM Non Pro¿ t yang mendampingi anak- anak di
                                                                                                                                                Lapas Klaten, Rutan Solo, Rutan Wonogiri dan LPKA Kutoarjo. Karya
                                                                                                                                                di halaman ini adalah karya anak- anak dampingan Sahabat Kapas.








             AYAH
              Karya : IAM (Kutoarjo)


              Ayah…
              Telah kukirimkan doa
              Semoga engkau sehat di rumah sana
               Ayah, akan ku ingat selalu…
               Pengorbanan yang telah engkau berikan padaku

               Teringat saat di mana engkau tak lupa
               Akan anakmu yang sedang menebus dosa
                Di mana engkau tetap menengok anakmu ini
                Yang telah membuatmu malu, kecewa, sakit hati



                Ayah…
                                                                                                                                                                          Judul : My Friends
                Maafkan anakmu ini                                                                                                                                       Karya : OK (Klaten)
                 Anakmu yang belum bisa membuatmu bangga
                 Dan terkadang hanya membuatmu menangis
                  Maafkan anakmu ini yang tak pernah menurut apa perintahmu
                 Maafkan anakmu ini, Ayah                                           BUI YANG TERSINGKIR
                  Maafkan anakmu ini yang tak mendengarkan apa nasihatmu
                                                                                    Karya SAP (Kutoarjo)
                  Dan sekarang anakmu ini hanya bisa menangis
                  Meratap dan penuh penyesalan                                      Adalah rumahku sementara                              Orangtuaku maafkanlah aku
                                                                                                                                          Karena kesalahanku telah mengecewakan dirimu
                                                                                    Di sini semua berawal dari perbuatanku
                  Tapi percayalah Ayah…                                             Perbuatanku yang melanggar hukum                      Andaikan waktu bisa kuputar kembali
                   Karena aku akan bangkit menjadi anak hebat
                                                                                                                                          Aku akan menjadi lebih baik
                                                                                    Sehingga diriku masuk ke dalam bui
                                                                                    Terkadang diriku merasa malu                          Daripada masa laluku
                                                                                    Malu karena perbuatanku                               Ibu, Ayah maafkanlah aku
                                                                                    Dan diriku sekarang sadar                             Untuk kesalahanku dan perbuatanku
                                                                                    Bahwa salah perbuatanku                               Untuk yang satu ini aku tidak akan mengulangi lagi
                                                                                                                                          Diriku berjanji #












         Seluruh Wilayah......................................................................................................................................................................................................................... sambungan dari Hal 1
            Ditambahkannya, data BNPB   gempa, mulai dari ancaman   “Indonesia bagian timur   keras. Masyarakat berhambur-  “BPBD kemudian langsung   02.30 WIB, BMKG menyatakan   jah, tsunami Alhamdulillah ti-
         sementara menyebutkan ada   pertemuan lempeng tektonik   yang paling rawan gempa dan   an ke luar rumah, kemudian   menekan sirene tsunami. Seba-  peringatan dini tsunami bera-  dak terjadi, tetapi upaya kami
         208 rumah yang rusak berat,   atau subduksi,” katanya.  tsunami, tapi penelitian gem-  setelah adanya  warning tsuna-  gian besar sirene tsunami yang   khir dan memang kenyataan di   malam tadi, masyarakat sudah
         150 rusak sedang, dan 97 rusak   Sutopo  lalu  menjelaskan  pa di timur untuk infrastruk-  mi mereka mengungsi dengan   ada di selatan Jawa Barat, Jawa   lapangan tidak ada tsunami,”   dievakuasi dan diungsikan ke
         ringan. Selain itu, ada beberapa   pergeseran lempeng di berba-  turnya, sirene sensograf masih   kendaraan ke tempat tinggi. Me-  Tengah, semuanya berbunyi,   katanya.  tempat yang lebih aman,” kata
         bangunan publik yang rusak,   gai wilayah di Indonesia. Perge-  sangat terbatas. Itu yang me-  mang ada macet di perempatan   kecuali Cilacap sempat bunyi   Kabid Darurat dan Logistik   Ria di kantor BPBD Kabupaten
         termasuk sekolah, rumah sakit,   seran lempeng paling jauh ada   nyebabkan ketika gempa kor-  jalan,” jelas Sutopo.  sebentar, tapi karena PLN mati,   BPBD Tasikmalaya, Ria Supri-  Tasikmalaya.
         kantor, masjid, dan pasar. Pen-  di wilayah timur Indonesia. “Di   ban masih banyak di wilayah   Selanjutnya, kata Sutopo,   sirene mati,” kata Sutopo.  ana mengatakan, pasca gem-  Ia mengungkapkan, seba-
         dataan masih terus dilakukan.   barat pantai Sumatera bergerak-  tersebut,” ujar Sutopo.   pihak Badan Meteorologi Kli-  Di saat bersamaan, kata Su-  pa yang terjadi semalam tidak   gai langkah antisipasi sejumlah
         “Ada 473 rumah rusak, yang 473   nya 5-6 cm per tahun. Di selatan,   Sementara, sesaat pasca   matologi dan Geofisika (BMKG)   topo, proses pencarian dan   terjadi tsunami di Kabupaten   warga yang dekat dengan wila-
         rumah rusak ini belum diklasifi-  Jawa-Bali-Nusa Tenggara sam-  gempa, BNPB sempat menya-  melakukan pemutakhiran per-  evakuasi korban akibat gempa   Tasikmalaya, Jawa Barat. War-  yah pantai mengungsi. Namun,
         kasi,” ucapnya.           pai Halmahera 7 cm per tahun.   lakan sirene peringatan tsuna-  ingatan tsunami untuk wilayah   dilakukan. Pihak BNPB terus   ga yang tinggal di pengungsian   saat ini para pengungsi tersebut
            Sutopo juga menjelaskan,   Di utara, Papua-Maluku-Sula-  mi. Namun ada satu wilayah   Tasikmalaya dan Ciamis. Level   melakukan  koordinasi  de-  juga sudah pulang ke rumah   telah kembali ke rumah ma-
         Indonesia adalah negara yang   wesi bergerak 12 cm per tahun.   yang sirene tsunaminya hanya   peringatan tsunami tersebut di-  ngan BPBD terkait pendataan.   masing-masing.   sing-masing setelah status siaga
         rawan gempa. Menurutnya,   Jadi gempa hal yang pasti terja-  berbunyi sebentar karena lis-  perkirakan 0,5-3 meter.   “Kemudian pada Sabtu pukul   “Masalah yang di Cipatu-  tsunami dicabut. #Detik
         hanya Kalimantan yang relatif   di,” ujar Sutopo.    trik padam. Warga pun meres-  Sementara itu, kata Sutopo,
         aman dari gempa. “Ini perlu   Dengan banyaknya potensi,   pons dengan bergegas meng-  di kawasan Bantul, Kulon Progo,   Sudah Kebal........................................................... sambungan dari Hal 1
         saya sampaikan, karena me-  sayangnya mitigasi gempa di   ungsi ke dataran tinggi.  Cianjur, Garut, Sukabumi, Cila-  Dalam momen berkumpul   syutingnya kosong ia berserta   marin abis main film kebetulan
         mang Indonesia rawan gempa,   Indonesia masih minim. In-  “Masyarakat merespons per-  cap, dan Kebumen, level tsuna-  keluarga itu, rupanya Rianti   suami dan kerabat akan terbang   capek,” tambahnya.
         hampir seluruh wilayah, kecu-  donesia bagian timur menjadi   ingatan dini tsunami dengan   minya pada tingkat waspada, de-  kerap ditanya soal momong-  ke Inggris. “Mau ke Inggris tang-  Di sisi lain, soal resolusi
         ali Kalbar, Kalsel, Kalteng tidak   wilayah yang paling minim fa-  evakuasi. Masyarakat kondisinya   ngan ketinggian tsunami kurang   an. Namun ia mengaku sudah   gal 26 Desember sampai 9 Janu-  di tahun mendatang, Rianti
         rawan gempa. Lainnya rawan   silitas mitigasi gempa.  sangat panik karena guncangan   dari 0,5 meter.    kebal, bahkan dirinya meng-  ari. Suami, temen, sama mana-  mengaku tak muluk-muluk.
                                                                                                                  anggap sebagi hal yang positif.  jer aku juga. Dingin banget di   Yang pasti ia berharap segera
         Harga Tak........................................................................................................ sambungan dari Hal 1  Walau demikian Rianti ber-  sana,” ujarnya.  diberi momongan.
            Hanya saja dari segi lokasi   ungkapnya.         200 hingg 300 orang dan akan   membuka makanan Chinese   harap agar disegerakan dalam   Lebih lanjut, untuk urusan   “Aku sih orangnya nggak
         sengaja didesain unik layaknya   Sejak 20 September 2014   melonjak hari weekend yak-  Food dan aneka makanan berat   soal momongan ini. Ia pun ada   destinasi, Rianti mengaku me-  terlaku matokin, pasti ya punya
         tempat bermain yang nyaman   dia mulai menyewa tempat   ni mencapai 300 hingga 500   seperti nasi goreng, seafood, ca   rencana fokus program anak di   mang sudah punya rencana   cita-cita itu penting tapi yang
         bagi kaum muda.           yang sebelumnya juga dikelo-  orang.                kangkung. Atro memilih mem-  tahun 2018.             khusus. Kebetulan, menurut-  pasti kalau nggak kesampean
            “Sejak awal konsepnya saya   la sebagai usaha kuliner  oleh   Berikutnya  ialah  usaha  buka konsep warung makannya   Di sisi lain, tradisi liburan   nya, jadwalnya juga pas. “Lagi   nanti kecewa. Apa ya, paling itu
         siapkan untuk arena bermain   beberapa  pengusaha. Sejarah   warung makan serba iga dan   sebagai warung makan sederha-  akhir tahun di luar negeri rupa-  pengen aja, jadwalnya pas. Aku   sih momongan yang belom ke-
         dan berkreativitas khususnya   awalnya pada tahun pertama   olahan steak milik pengusa-  na berbeda dengan tempat ma-  nya juga dilakukan aktris, Rianti   lihat schedule aja kalau kebetul-  sampean, itu doa setiap tahun
         komunitas dan sudah lama   sebelum di bangun Play Gro-  ha Baningsih Tedjokartono.   kan yang ada pada umumnya   Cartwrigth. Mumpung jadwal   an kosong ya udah karena ke-  ya,” pungkasnya. #Detik
         menyiapkan nama Playground   und sudah terlebih dahulu ada   Baningsih  memanfaatkan  dia tidak menyediakan tempat
         sebagai tempat anak muda   D’Badrans Culiner yaitu wa-  halaman rumahnya sebagai   berfoto.              Ganjar: Semua....................................................... sambungan dari Hal 1
         berkreativitas bersama,” ujar   rung wedangan namun tidak   tempatnya membuka warung   “Menu andalan saya hot   Pengumuman Pilgub Jabar   diusung sebagai Cagub-cawa-  nya satu partai saja yang tak
         Owner Playground, Andhang   bertahan lama. Selanjutnya   makan iga seperti iga bakar,   plate karena saya melihat di   disebutnya akan disampaikan   gub. “Kalau kita semua tegak   komunikasi,” ungkap Ganjar.
                                   berturut- turut tempat ini dise-  nasi goreng iga, sop iga dan   Solo belum ada ya saya manfa-  lebih dulu. “Jabar lebih dulu.   lurus pada keputusan DPP dan   Ketua DPP PDIP, Andreas
         Aprihardhanto kepada Joglose-
         mar, Sabtu (16/12).       wakan untuk usaha makanan   aneka steak. Dia mengaku mu-  atkan peluang bisnis ini, setelah   Kayaknya Jawa Tengah de-  keputusan ketua umum, maka   Hugo Pareira juga mengata-
            Andhang dalam kesehari-  western baru dicoba dikelola   lai tertarik membuka usaha   tiga bulan mencari- cari dapet   ngan beberapa provinsi yang   seluruh kader tinggal tunggu   kan, PDIP akan mengumum-
         annya sebagai art director iklan   Playground hingga kini.  kuliner setelah melihat bahwa   deh loksi yang tepat dulunya ini   lain itu masuk kloter terakhir,”   perintah,” sebut Ganjar.  kan calon yang diusung di
         di Jakarta mengaku ingin me-                        kawasan di sekitar rumahnya   juga tempat usaha tapi tutup,”   kata Ganjar.      “Perintahnya  satu  saja,  Pilgub Jateng dan Jabar di saat-
         nampung para kawula muda   Ruang Kreativitas        di Badran, Manahan, Banjar-  jelas Owner Tio Ciu, Atro  Ia mengatakan, ada 24   yang mendaftar silakan me-  saat terakhir. Menurutnya, ini
         untuk menjadikan Playground   Sejak awal Andhang men-  sari Solo potensial untuk di-  Lantas bagaiman komen-  orang yang mendaftar ke PDIP   nyosialisasikan ke masyarakat,   dilakukan karena pertimbang-
         sebagai  basecamp berbagai   desain ruangan usahanya de-  kembangkan sebagai tempat   tar para pengunjung terkait   untuk Pilgub Jateng. Dari 24   semuanya tinggal bekerja saja.   an dinamika politik. “Tam-
         komunitas yang ada di Kota   ngan segala keunikan desain   wisata kuliner.    keberadaan warung kreatif   nama tersebut, ada yang men-  Namanya tinggal tunggu se-  paknya arahnya ke situ (fase
         Solo. Selain membuka Playgro-  hiasan yang ada ditembok-   “Saya dulunya buka res-  ini?   Pengunjung  Playground   daftar sebagai Cagub, ada juga   bentar lagi,” imbuhnya.   pengumuman terakhir untuk
         und, Andhang terlebih dahulu   tembok di setiap sudut ruang-  toran steak kalau iga ini kan   seperti Cahyo Adi Nugroho   yang sebagai Cawagub. Saat ini   Disebutkan Ganjar, partai-  Pilgub Jateng dan Jabara),”
         membuka kafe Tiga Ceret di   an khususnya yang di dalam   awalnya dari anak- anak yang   (33) mengaku untuk harga lu-  nama-nama tersebut sudah   partai lain sudah berkomuni-  ucap Andreas.
         kawasan Ngarsopuro, selanjut-  ruangan. Ketika awal berdiri   menyarankan agar masakan   mayan murah karena mungkin   ada di tingkat DPP. “Sekarang   kasi dengan struktural PDIP.   Dinamika di kedua provin-
         nya menyusul sebuah kafe ber-  belum  booming instagramab-  ini saya jual ya sudah meman-  pangsa pasarnya ialah anak   tinggal DPP memutuskan. Ka-  Namun ia menyebut ada satu   si itu masih digodok hingga
         nama Tradisi di seberang jalan   le namun ruangan sudah di-  faatkan halaman dari pada ko-  muda. “Sebenarnya soal biaya   yaknya sih sudah mengerucut   partai yang sama sekali tidak   kini. Sebab, kata Andreas, ada
         sebelah barat Playground.   desain sebagai tempat yang   song,” jelasnya.     yang dihabiskan saya nggak   gitu ya. Tapi nama-namanya   melakukan komunikasi de-  perbedaan peta politik yang
            Masing-masing dia kem-  menarik untuk lokasi foto.   Baningsih membuka wa-  terlalu berpikir yang penting   masih di kantongnya PDIP. Kita   ngan PDIP soal Pilgub Jateng.   cukup menjadi perhatian.
         bangkan dengan konsep we-    “Karena konsep Playground   rung dengan nama Ribs & Ste-  rasa itu nomor satu,” katanya   kan petugasnya ya. Tunggu ek-  Hanya, tak disebutkan partai   PDIP juga belum mau bica-
         dangan yang berbeda seg-  ialah mendorong kreativitas   ak ini dengan sasaran pasar   kepada Joglosemar di sela- sela   sekusi lapangan,” jelasnya.   apa yang dimaksud.  ra banyak soal koalisi di Pil-
         mentasi pasarnya. “Konsep   anak muda kita sediakan bar-  ialah keluarga. Hingga mema-  menunggu pesanan.   Apapun keputusan partai,   “Partai lain sudah komuni-  gub Jateng dan Jabar. Namun
         Tradisi lebih ke tempat nongk-  bershop, tempat cuci sepatu,   suki masa 1 satu tahun lebih   Selain Cahyo, Riya Anuge-  kata Ganjar, ia akan loyal untuk   kasi dengan struktural partai   PDIP di kedua daerah terse-
         rong anak muda yang membe-  dan distro,” tuturnya.  dua bulan jumlah pelanggan-  raheni (23) pengunjung wa-  mematuhinya. Rekomendasi   begitu. Tinggal nanti penge-  but sebenarnya sudah bisa
         dakan itu segi harganya, kalau   Playground sendiri buka se-  nya yang datang per harinya   rung mie Killing Mie mengaku   Ketua Umum PDIP, Megawati   rucutannya komunikasi antar   mengusung pasangan sendiri
         PlayGround lebih hommy ka-  jak pukul 12.00 WIB hingga pu-  ialah 10 orang.   senang dengan makanan yang   Soekarnoputri menjadi syarat   institusi saja. Hampir seluruh   karena memiliki kursi DPRD
         lau Tradisi konsepnya lebih ke   kul 24.00 WIB setiap harinya,   Sementara itu bagi Atro Anu-  disajikan di warung yang ter-  penentuan siapa yang akan   partai sudah komunikasi, ha-  yang cukup. #Detik
         maen ke rumah temen jadi ya   paling tidak dalam sehari jum-  gerah yang merupakan penda-  letak berseberangan dengan
         gak perlu bawa duit banyak,”   lah pengunjungnya ada sekitar   tang baru di kawasan Badran   Play Ground ini. #Kukuh Subekti  Anak-anak...............................................................sambungan dari Hal 1
                                                                                                                     Di sekolah memang di ke-  Surakarta, Arinto Purwaning-  Yakni  SMP Negeri 7, SMP Ne-
         Awali Wirausaha............................................................................................. sambungan dari Hal 1  nalkan soal wayang-wayang   sih mengatakan jika anak-anak   geri 15, SMP Negeri 24, SMP
            Padahal, hal ini bisa jadi ha-  berpikir kembali.  ting dan Positioning (STP). Se-  sadari oleh pelaku bisnis ialah   dan ini melihat langsung per-  cukup antusias melihat pertun-  Negeri 25, dan SMP Kasatri-
         nya pasar semu yang sesaat.   Rata-rata pengunjung akan   gementasi yakni kegiatan me-  mempertahankan  mentalitas  tunjukan.  Hal berbeda disam-  jukan wayang orang ini. Karena   yan,” terangnya.
            Karena para pengunjung   memadati tempat yang unik   milah-milah pasar yang akan   bisnis demi menghadapi lika-liku   paikan siswa SMP Kasatriyan,   ini sebagai upaya untuk menge-  Pementasan kali ini meng-
         datang disertai oleh rasa pena-  ketika momen Lebaran dan   dibidik, Targeting menentukan   bisnis di lapangan. Banyak pela-  Ramdhon Narendra (15). “Ka-  nalkan budaya Jawa khususnya   ambil lakon nukilan epos Ra-
         saran sesuatu yang penasaran   Natal yang sifatnya insidental.   pasar yang jelas dan Positioning   ku usaha gugur di tahun-tahun   lau nonton wayang orang di   wayang ke siswa sekolah.  mayana berjudul Anoman Duta.
         pasti sifatnya sesaat.    Keberadaan pengunjung yang   ialah menempatkan produk di   pertama, hanya 30 persen dari   sini (GWO-red) baru kali ini.   Terpisah Kabid Kesenian,   Anoman Duta mengisahkan per-
            Usaha kuliner ialah usaha   insidental tentu tidak bisa di-  hati pelanggan.  mereka yang bisa bertahan hing-  Dulu sering di ajak eyang non-  Sejarah dan Sastra, Dinas ke-  jalanan Anoman dalam meng-
         yang padat karya sekaligus   harapkan sebagai pangsa pa-  Generasi milineal ialah orang-  ga tahun ke lima. Bagi seorang   ton wayang kulit,” katanya.   budayaan Surakarta, Mareta   emban tugas dari Rama Wija-
         padat modal, membutuhkan   sar tetap karena pelaku usaha   orang yang  tidak memperhitung-  pengusaha kuliner yang begitu   Dia mengakui sedikit-sedi-  Cahyono menyatakan jika ke-  ya. Rama Wijaya yang gundah
         karyawan yang banyak sekali-  pun akan dikenai dengan bi-  kn masalah harga namun gaya   buka langsung mendapat sam-  kit paham mengenai cerita da-  giatan ini mengenalkan kem-  lantaran berpisah dengan Sinta
         gus modal yang besar. Di sisi   aya operasional tetap seperti   hidup. Oleh karenanya bersifat   butan pasar sebaiknya tidak ter-  lam wayang dan tokoh-tokoh   bali kesenian daerah kepada   meminta Anoman untuk pergi
         lain berbicara soal harga di   gaji karyawan dan biaya listrik.  gaya hidup yang hanya semen-  buru-buru melakukan ekspansi   pewayangan, karena sering   siswa SMP.   menjumpai pujaan hatinya. Da-
         Solo sangat sensitif, awalnya   Ada hal yang harus dicer-  tara maka perlu dikelola secara   pasar. Pemerintah Kota Surakar-  nonton. Apalagi di sekolah   “Jadi kita gelar nonton   lam perjalanan itu Anoman me-
         pengunjung tidak memperma-  mati dan diteliti sebelum me-  baik jika ingin menjadikan mere-  ta sudah semestinya melakukan   juga diajari mengenai pewa-  bareng pementasan wayang   nemui beberapa rintangan yang
         salahkan harga namun setelah   lakukan usaha yakni tiga rumus   ka sebagai sasaran pasar.  pembinaan secara serius dan ter-  yangan secara lengkap.   orang dengan menggandeng   bisa dikalahkan dengan kesakti-
         itu beberapa pengunjung akan   utama yaitu Segmentasi, Targe-  Sesuatu hal yang harus di-  program. #Kukuh Subekti  Sementara itu, Guru SMP 15   siswa sekolah di Kota Solo.   an kera putih tersebut. #
   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12